Aplikasi Baru dari Google, Bisa Kirim Pesan dan Data Tanpa Internet

Agresif.id, Gorontalo – Google dikabarkan baru saja merilis sebuah aplikasi yang kegunaannya memungkinkan sesama pengguna bisa terhubung meski dalam jarak yang cukup jauh. Selain dapat mengirimkan pesan dengan sesama pengguna yang terhubung, aplikasi ini juga dapat mengirimkan file dalam ukuran besar tanpa terhubung ke internet.

WifiNanScan namanya, aplikasi ini sudah dapat kamu unduh melalui google play store bagi pengembang agar dapat bereksperimen dengan Wi-Fi Aware.

Dari keterangan aplikasi, WifiNanScan mengandalkan teknologi Neighbour Awareness Networking (NAN) untuk secara akurat mengetahui seberapa jauh jarak antara satu perangkat dengan perangkat lain.

Dengan memanfaatkan WifiNanScan, kita bisa mengirim dokumen dengan aman ke printer tanpa masuk ke jaringan terlebih dahulu hingga melihat menu restoran dan buat reservasi sambil berjalan tanpa koneksi internet, bahkan saat restoran tutup.

Aplikasi WifiNanScan mengukur jarak antara dua smartphone menggunakan protokol Wi-Fi Aware. Aplikasi ini dirancang sebagai alat penelitian, demonstrasi, dan pengujian untuk pengembang, vendor, universitas, dan lainnya. Dengan aplikasi ini, dimungkinkan untuk mendapatkan pengukuran jarak dengan presisi sekitar 1 meter dengan ponsel yang terpisah hingga 15 meter.

Pengembang, OEM, dan peneliti dapat menggunakan alat ini untuk memvalidasi pengukuran jarak atau jangkauan yang memungkinkan pengembangan rentang peer-to-peer dan transfer data.

Diharapkan dengan aplikasi ini nantinya akan dapat mempermudah kita dalam mengirim pesan, melacak smartphone, mengirim file dan berbagai fungsi lainnya tanpa menggunakan koneksi internet.

Advertisements