13 Wilayah Pertama di Indonesia ini Bakal Rasakan Jaringan Super Ngebut 5G

Agresif.id, Gorontalo – Akan ada 13 wilayah pertama yang akan mendapatkan koneksi jaringan super ngebut generasi ke 5 alias 5G di Indonesia. Hal itu sebagaimana tertuang dalam rencana strategis 2020-2024 Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021.

“Pemilihan lokasi 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena 6 lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur,” tulis Kominfo dalam Peraturan Menteri.

Selain itu, jaringan tersebut juga tersedia di lima destinasi wisata super prioritas. Yakni, Labuhan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobodur (Jateng). Sisanya, Ibu kota negara baru dan satu industri manufaktur juga akan menjadi wilayah-wilayah implementasi awal 5G di Indonesia nantinya.

Adapun mengenai rencana implementasi 5G di wilayah  IKN (Ibu Kota Nega), PM No. 2/2021 menyebutkan, jika tidak ada perubahan kebijakan dari Presiden terkait dengan timeline rencana pemindahan IKN, ditargetkan pada 2024, IKN telah 100 persen terlayani jaringan serat optik dan layanan internet 4G, serta siap mengimplementasikan teknologi 5G.

Kemenkominfo dalam PM No. 2/2021 berharap setelah tergelar 5G di 13 lokasi, dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan permintaan di lokasi-lokasi lain.

Advertisements